CERUTU MURAH

Kamis, 20 Desember 2018

MENGENAL ISLAM LEBIH DALAM



 Sang utusan yang terpilih – vol. 2


Belakangan ini kita sering mendengar secara langsung maupun tidak langsung tentang diri Rasulullah Muhammad s.a.w telah dilecehkan oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab baik dari golongan awam maupun dari golongan terpelajar. Tanpa alasan yang jelas dan akurat mereka berusaha untuk merusak image Rasulullah Muhammad s.a.w. padahal jika mereka benar- benar mencari dan mempelajari jejak perjalanan beliau s.a.w dari berbagai sumber yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya maka pastilah mereka akan mendapati bahwa ternyata dalam diri Nabi besar Muhammad s.a.w terdapat sebuah keistimewaan yang tidak akan bisa sepenuhnya di jangkau  oleh akal manusia.

Dalam islam ada istilah yang disebut dengan sanad, maksudnya ialah sebuah alur jejak datangnya sebuah informasi dari pembawa kabar itu saat ini sampai yang pertama mengabarkannya. Seperti contoh pada sebuah sabda Nabi atau yang kita kenal dengan hadits, disitu terdapat kalimat  ‘’an’’ (bahasa arab yang artinya dari) biasanya kalimat itu berpadu dengan nama seseorang, maka berarti hadits tersebut disampaikan oleh orang tersebut yang mana jika kita perhatikan terdapat banyak rentetan nama pembawa hadits tersebut hingga sampai kepada sumber utamanya yakni Nabi besar Muhammad s.a.w dan inilah yang tidak di miliki oleh agama lain.




Perlu diketahui bahwasanya seseorang yang berada dalam jalur sanad adalah sosok yang jelas latar belakang kehidupannya, silsilah dan pribadinya. Jadi jika ada salah seorang di dalam rentetan jalur sanad tersebut memiliki sisi negative maka informasi yang sampai kepada kita derajatnya jika dalam islam di katakan sebagai Dhoif (lemah dalam bhs. Indonesia). Bahkan jika pembawa informasinya adalah sosok yang memiliki cacat parah dalam tindak- tanduk kehidupannya maka informasi yang dibawanya itu dikatakan Maudhu’ (palsu dalam bhs.indonesia).   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA