CERUTU MURAH

Sabtu, 15 Desember 2018

BELAJAR GITAR UNTUK PEMULA


Bagi para pemula yang hendak belajar gitar maka langkah awal yang harus anda miliki adalah gitar itu sendiri. Belilah gitar dengan harga yang murah, tidak perlu gitar yang berkualitas jika kantong kita pas-pasan. Belilah gitar yang standart tapi dengan kondisi yang prima. Berikut akan saya berikan tips untuk memlih gitar yang baik.

 


1. CEK KONDISI BODY DAN LEHER (NECK) GITAR.

  • Lihatlah kondisi body secara keseluruhan luar dan dalam gitar. Pastikan tidak ada bagian yang cacat seperti sambungan yang terbuka, tulang pada bagian dalam tabung yang terkadang tidak rapi, sambungan leher gitar yang berada di belakang tabung gitar pastikan merekat sempurna dan tabung gitar yang tidak koyak atau terkelupas (biasanya terdapat di dalam tabung).
  • Cek kondisi stang gitar mulai dari fret hingga tuner.  Pada Tuner pastikan putarannya tidak keras dan tidak terlalu longgar, perhatikan posisi gigi gir dan ulir pada dlayer, pastikan jarak antara gigi gir dan ulir dlayer tidak mengkang atau telalu jauh. Terkadang Tuner pada gitar yang berharga murah memang agak longgar, maka carilah yang presisinya pas. Pada fret silahkan cek setiap kolom nada dari nada terendah sampai nada tertinggi. Pastikan tidak ada nada yang rusak karena terkadang ada beberapa kolom nada yang tidak sesuai karena posisi fret yang tidak seimbang antara kiri dan kanan, lakukan metode ini dengan posisi senar gitar kencang semua tanpa harus mensteam. Terakhir, Cek kelengkapan seluruh fret.

2. PILIHLAH GITAR YANG PORPOSIONAL.
  • Plihlah gitar yang beratnya pas untuk anda. Karena jika gitar terlalu berat maka itu akan mempengaruhi fisik anda, jika terlalu ringan maka dipastikan bahan gitar tersebut adalah kayu yang kualitasnya buruk.
  • Pilihlah gitar dengan leher yang sesuai dengan ukuran genggaman telapak anda. Karena hal ini akan sangat berpengaruh nantinya saat anda mulai memainkan gitar tersebut. Kecuali jika anda sudah mahir, maka hal ini tidak akan berpengaruh.
  • Perhatikan kondisi Bridge yang terletak pada tabung gitar. Pastikan seluruh lubang tempat masuknya senar gitar tidak ada yang tersumbat, jangan memilih lubang pada Bridge yang terlalu kecil.

3. SENAR GITAR.
  • Senar gitar yang berkualitas rendah akan mudah mati dan terasa sakit bagi jari tangan anda jika anda memang benar-benar pemula. Maka pilihlah yang berkualitas medium atau menengah. Disini saya merekomendasikan senar gitar akustik dengan merk D’addario. Senar merk ini mudah ditemukan di toko- toko gitar Indonesia.
  • Rawatlah senar gitar anda sebaik mungkin agar usia senar gitar anda panjang, seperti jika mulai terlihat daki pada bagian tubuh senar maka segera bersihkan menggunkan kain lap bersih. Jika merasa gitar akan tidak terpakai pada jarak waktu yang lama maka kendorkanlah senarnya.

Kita akan sambung pada postingan berikutnya tentang tehnik awal bermain gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA