CERUTU MURAH

Minggu, 16 Desember 2018

Tehnik awal bermain gitar


     Hal pertama yang perlu ditekankan dalam mempelajari tehnik bermain gitar dari awal hingga nanti kita mahir adalah keseriusan atau niat yang bersungguh- sungguh. Karena tanpa itu semua, kita tidak akan pernah bisa untuk bermain gitar. Karena dalam bermain gitar kita akan mengalami yang namanya jenuh karena tidak kunjung bisa memainkan gitar tersebut. Maka kesabaran dan keuletan serta banyak bergaul dengan ahlinya adalah kunci kesuksesan dalam mahir bermain gitar.
Tehnik awal bermain gitar yang akan saya jelaskan ini adalah menurut dari pengalaman pribadi dan ilmu dari pada master- master gitar yang saya temui baik di dunia nyata maupun secara online.

 

Accourd dasar



TEHNIK PERTAMA

  1. Biasakan dahulu jari jemari anda dalam bersentuhan pada senar gitar karena biasanya bagi pemula akan terjadi semacam kapalan pada permukaan kulit yang bersentuhan pada senar gitar.
  2. Cari sebuah lagu sederhana tapi anda suka yang menggunakan accourd simple. Biasanya lagu lagu Indonesia banyak yang hanya menggunakan 3 sampai 4 accourd saja lalu hafalkan penempatan  jari- jari anda pada accourd tersebut dan ulangi sesering mungkin, jangan terburu- buru untuk segera pindah lagu lainnya.
  3. Steam gitar anda pada nada rendah saja agar jari anda tidak terlalu sakit saat menekannya. 
  4. Pahami kapan saat kita harus pindah accourd saat memainkan sebuah lagu. Biasanya nyanyikan saja dengan tempo pelan.

TEHNIK KEDUA
  1. Jika sudah mulai hafal akan accourd sebuah lagu (usahakan hafal di luar kepala) maka silahkan cari lagu lain dengan kombinasi accourd yang sedikit berbeda. Contohnya, lagu pertama anda tadi memakai kombinasi accourd G – C – D, maka kali ini carilah lagu yang menggunakan accourd dengan kombinasi G – Am – C – D. 
  2. Lakukan tehnik tersebut sampai benar- benar hafal di luar kepala. 
  3. Jika dirasa sudah hafal, maka silahkan mencari lagi beberapa lagu yang menggunakan kombinasi accourd sedikit berbeda.
  4. Lakukan perpindahan lagu yang menggunakan kombinasi accourd berbeda hingga menguasai seluruh accourd dasar yakni A – B – C – D – E – F – G.

TEHNIK KETIGA 
  1. Jika anda menguasai dan telah mahir dalam melakukan perpindahan dari accourd satu ke accourd lainnya maka carilah lagu dengan kesulitan setingkat di atas lagu yang sebelumnya anda pelajari. Seperti contoh yang menggunakan kombinasi accourd lebih dari 4 accourd.
  2. Teruslah berlatih pada tahap ini sampai anda benar – benar mahir.
  3. Jangan pernah pilah pilih genre music karena biasanya sebuah lagu yang menggunakan 4 accourd lebih tapi mudah dalam penerapannya adalah music bergenre dangdut.

Kita akan sambung lagi pada postingan selanjutnya yakni tehnik pemantapan pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA