CERUTU MURAH

Minggu, 30 Desember 2018

TIPS AND TRICK

AGAR TIDAK TERTIPU BELANJA ONLINE

 

Dalam dunia online seperti yang telah sama- sama kita ketahui bahwa kita dapat melakukan transaksi jual beli barang apa saja melalui situs yang menyediakan jasa tersebut. Bahkan pada jejaring media sosialpun kita sering mendapati fenomena yang serupa yakni transaksi jual beli online. Akan tetapi sering juga kita dapati adanya keluhan dari para konsumen dikarenakan barang yang di inginkan ternyata tidak sesuai dengan ekspestasi. Disini saya akan berikan beberapa tips jitu untuk menghindari hal tersebut.


TIPS PERTAMA 

 

JANGAN PERNAH TERGIUR AKAN TAMPILAN FOTO BARANG DAN HARGA YANG MURAH.

  
Yang dimiliki oleh pedagang online untuk menawarkan barang dagangannya hanya berupa gambar, video dan kata- kata manis untuk meyakinkan calon pembelinya. jadi jangan mudah tergiur hanya dengan tampilan foto barang dan kata- kata yang dibuat seindah mungkin. seperti contohnya sebut saja kita ingin berbelanja di salah satu toko online ternama indonesia misal sebut saja Bukalapak.com, pertama carilah barang yang anda inginkan lalu silahkan klik untuk mengetahui detail produk tersebut. sebelum anda melangkah lebih jauh, silahkan lihat terlebih dahulu reputasi pedagang tersebut. caranya dengan melihat feedback dan ulasan barang yang akan anda beli.

 
POSISI FEEDBACK PADA BL







POSISI ULASAN BARANG
 

lalu lihatlah tanggal, bulan dan tahun berapa barang/ produk tersebut mulai di pasarkan/ di jual. karena biasanya walau barang laku keras dan menuai ulasan positif tapi jika barang tersebut sudah terlalu lama masa postingannya maka bisa jadi anda akan diberi barang sisa, alangkah baiknya juga jika langsung chat pelapak pada kolom diskusi atau chat via inbox

 

TIPS KEDUA

 

KENALI SPESIFIKASI BARANG YANG AKAN BELI.

 

Seperti contoh anda akan membeli sebuah handphone, maka kenali dulu handphone yang akan anda beli tersebut entah dengan cara search di google atau sharing langsung kepada orang yang sudah berpengalaman. karena dengan seperti itu maka ketika barang sudah sampai di tangan anda dan anda melakukan pengecekan lalu barang tersebut tidak sesuai dengan spesifikasinya maka anda bisa melakukan retur atau mengembalikan barang tersebut pada  si pedagang.


TIPS KETIGA

 

SELALU GUNAKAN JASA REKENING BERSAMA.

 

Rekening bersama atau yang sering disebut Rekber ini umumnya di gunakan pada transaksi jual beli online via facebook. maksudnya adalah ketika anda akan melakukan transaksi maka di situ ada pihak ketiga dimana dia sebagai pengawas transaksi tersebut. uang pembelian tidak anda transfer langsung ke rekening pembeli, melainkan ke rekening pihak ketiga. jika barang sudah sampai di tangan anda dan anda cocok dengan barangnya maka anda tinggal konfirmasi ke pihak ketiga tadi dan oleh pihak ketiga baru uang akan di teruskan ke rekening pembeli. jika anda ingin menggunakan jasa ini carilah admin yang bonafit atau terpercaya dan mempunyai reputasi terbaik. pada facebook sendiri biasanya jasa ini di gunakan pada grup jual beli dimana admin akan menjadi admin rekbernya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA