CERUTU MURAH

Sabtu, 08 Desember 2018

SEMUA TENTANG BACAN (CRYSOCOLLA IN CHALCEDONY)


Siapa yang tidak kenal dengan batu mulia yang satu ini. pada saat demam batu mulia di Indonesia merebak keseluruh pelosok penjuru negeri, batu bacan yang termasuk dalam species crysocolla in chalcedony ini menjadi primadona sekaligus jawara asli Indonesia yang mengungguli jenis batu mulia lainnya. Memang tidak dapat kita pungkiri bahwa keindahan batu mulia yang satu ini benar- benar memikat para pencinta batu mulia tanah air. Kejernihan batunya yang sudah mengkristal dipadu dengan serat alami batu yang lembut, menimbulkan efek kilau dari dalam batu atau sering di sebut giwang membuat aura batu mulia berjenis crysocolla in chalcedony ini semakin kuat.

Batu bacan sendiri berasal dari sebuah pulau yang terdapat di kepulauan Maluku tepatnya disebelah barat daya pulau Halmahera. Nama pulau tersebut dijadikan sebutan pada batu mulia yang sedang kita bahas ini yakni pulau bacan. Sebenarnya galian atau tambang batu bacan yang banyak dikenal oleh masyakat dengan jenis Doko dan Palamea itu bukan berada di pulau bacan, melainkan berasal dari sebuah pulau yang berada di sebelah barat pulau bacan dan nama pulau tersebut adalah pulau kasiruta. Di pulau inilah terdapat desa yang bernama desa doko dan desa palamea di mana batu bacan di tambang di kedua desa tersebut.

Batu bacan yang paling di kenal oleh para pencinta batu mulia adalah jenis batu bacan dari desa doko, palamea, majiko dan gisoro. Karena batu yang di hasilkan dari tambang di desa tersebut kebanyakan memiliki kualitas terbaik. Batu bacan doko dengan ciri khas warna nya hijau atau biru kehijauan (bluish green) jernih dan bergiwang. Batu bacan palamea dengan ciri khasnya yang berwarna biru cerah (bluish) dan bergiwang. Begitupun dengan batu bacan majiko yang banyak menghasilkan jenis batu bacan biru bercampur putih doff  semisal kilatan listrik ( biasa di sebut Majiko blue electrick).  Dan yang terakhir adalh batu bacan gisoro yang memiliki ciri khas warna biru muda kental dan cerah.

Di bawah ini saya sertakan beberapa gambar agar sahabat blogger bias sedikit lebih jelas tentang apa yang saya uraiakan di atas tadi.



1. Batu bacan doko ( Green chrysocolla in calchedony).


green chrysocolla in calchedony


2. Batu bacan Palamea (bluish chrysocolla in calchedony)


Bluish chrysocolla in calchedony


  3. Batu bacan gisoro (blue sky chrysocolla in calchedony).


Blue sky chrysocolla in calchedony



4. Bacan majiko blue electrick.


blue electrick chrysocolla in chalcedony


Itulah sekilas all about batu mulia berjenis chrysocolla in calchedony. jika ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf karena yang pasti adalah orang asli penambang dari daerah asal batu dan gemologlah yang sangat paham akan detail batu mulia ini.
jika ada yang masih ingin mengoleksi batu ini, silahkan langsung saja klik link bukalapak saya pada tautan iklan bukalapak yang ada pada blok ini. atau bisa juga via whatsapp di 081296753591.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA