CERUTU MURAH

Jumat, 30 November 2018



BATU MULIA JENIS PANDAN HIJAU VARIAN SPECIES AGATE CHALCEDONY


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang salah satu species batu mulia yang cukup terkenal di Indonesia. Mungkin sahabat blogger ada sebagian yang berasumsi bahwa sekarang sudah tidak musim batu mulia lagi, tapi menurut saya bagi para pencinta hasil seni natural pasti setuju bahwa tidak mengenal yang namanya musiman. Oke, langsung saja akan saya uraikan secara singkat perihal karakter batu mulia dari species Agate Chalcedony dengan jenis Pandan hijau (sebutan oleh orang indonesia).


Menurut riwayat yang diyakini kebenarannya oleh para senior perbatuan Indonesia, batu jenis Pandan ini pertama kali ditemukan di sungai ciliwung. Sungai ciliwung ini melintasi beberapa daerah seperti Bogor, Depok, Cianjur dan bermuara di Jakarta tepatnya di daerah Luar batang dekat pasar ikan sekarang.
Batu Pandan ini di klaim menjadi salah satu batu mulia khas Masyarakat Betawi, tapi belakangan ini saya mendapati bahwa pada Masyarakat Sunda khususnya daerah Bogor juga mengklaim bahwa batu pandan ini juga menjadi ciri khas mereka. Anehnya, Justru saya sebagai salah satu seller Batu mulia juga mendapati bahwa ternyata pengrajin batu pandan ini banyak terdapat di daerah Sukabumi - Jawa barat dan saya berbelanja di tempat tersebut 



Natural Agate Chalcedony jenis Pandan Hijau




Yang menjadi salah satu ciri khas menonjol dari batu pandan ini adalah serat didalam batu tersebut yang menyerupai sisik ikan sehingga orang selain mengkatagorikan batu ini selain dari segi warna juga mengkatagorikan batu ini dari segi serat tersebut.

Contoh katagori dari segi warna :
  • Merah tua kehitaman (gosong) disebutnya dengan Pandan Merah Jamblang.
  • Kuning segar disebutnya dengan Pandan Nanas.
  • Kuning kemerahan disebutnya dengan Pandan Nanas merah.
  • Kuning kecoklatan disebutnya Pandan nanas madu.
  • Hijau Muda dan tua disebutnya Pandan hijau lumut.
  • Putih disebutnya Pandan kapas.
  • Hijau buram Pandan lumut semu.
  • Hitam disebutnya Pandan Oli.
  • Hitam buram disebutnya Pandan Oli semu.
Contoh kategori dari segi serat :
  • Serat berupa sisik ikan dengan bentuk melebar atau besar disebut Sisik Betok
  • Serat berupa sisik ikan dengan bentuk kecil disebut dengan sisik Betik.
  • Serat berupa rintik kecil pada pandan putih jernih disebut Biduri.
  • Serat berupa garis garis kecil halus melintang disebut dengan sisik sutra.

Demikian uraian singkat tentang Batu Mulia keluarga Pandan ini yang bisa saya share ke sahabat blogger. jika ada kekurangan dengan uraian di atas mohon maaf sebesar-besarnya karena bagaimanapun juga jika membahas kekayaan alam yang satu ini tidak akan ada habisnya. sedangkan ilmu manusia sangatlah terbatas. tidak menutup kemungkinan di belahan bumi yang lain terdapat jenis batu yang sama hanya orang di daerah tersebut menyebutnya dengan sebutan yang berbeda.

jika ada salah-salah kata mohon dmaafkan ya sahabat, dan jika mau memesan jenis batu mulia dan permata apapun jenisnya silahkan langsung tinggalkan comment atau bisa dengan menghubungi nomor 081296753591 bisa by phone atau chat via Whatsapp.
saya juga memiliki akun di online store Bukalapak dan Lapak Saya bernama Warung permata.

Terima kasih dan Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA