CERUTU MURAH

Jumat, 14 Desember 2018

CARA TREATMENT BLACK OPAL SEMPUR TERBARU 2018
(opalized wood)

Kali ini saya akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara mentreatment black opal jenis sempur ruyung, kembang ataupun sisit. Yang pertama perlu kita ketahui bahwasanya black opal sempur (opalized wood) adalah sebuah fosil dari pohon sempur yang terkubur di dalam bumi selama ratusan tahun lamanya dan mengeras sehingga menjadi sebuah batu. Pada black opal sempur (opalized wood) terkandung silika yang asalnya dari getah kayu sempur itu sendiri yang mana getah tersebut sudah mengkristal oleh proses alam. Dari silika yang terkandung pada sempur itulah kita kenal yang namanya kembang jarong.
Sebenarnya pada setiap bahan black opal sempur ( opalized wood) itu sendiri sudah terdapat silika, hanya saja tingkat ke kristalan dan kualitas silika tersebutlah yang menentukan batu black opal sempur dapat mengeluarkan jarong atau tidak. Kebanyakan para pedagang sudah menyortir barang yang akan mereka jual secara ecer ataupun grosir dan jangan berharap lebih jika anda memlih untuk membeli dengan harga grosir kecuali anda datang langsung ke tempat galiannya yang berada di beberapa daerah di provinsi Banten. Seperti di rangkas bitung, pandeglang dan serang.

Langkah pertama :

  1.  Belilah bahan untuk percobaan dengan harga standart (sekarang kisaran 100 s/d 200rb/ kg).
  2. Setelah barang sudah anda dapatkan maka pilihlah yang bentuk batunya tidak banyak tonjolan dengan alasan untuk mempermudah pengupasan kulit nantinya jika bibit jarong mulai terlihat.
  3. Siapkan wadah dari sisa kaleng biskuit yang berbentuk persegi empat memanjang ke atas (biasanya merk khong guan).
  4. Siapkan kabel dengan ukuran panjang sesuai kebutuhan (kalau saya ambil 2,5 meter karena agak jauh dari posisi stop kontak dan agar leluas meletakkan posisi kaleng nantinya).
  5. Siapkan lampu dop 100 watt kuning lengkap dengan pittingnya

Langkah kedua :

  1.  Lobangi tutup kaleng biscuit tadi pas di tengah untuk jalur kabel masuk.
  2. Setelah kabel masuk maka pasang fitting sambugkan dengan kabel (pilih fitting yang ada tutp kepalanya, jngan yang telanjang).
  3. Lalu pasang lampu dop kuning 100 watt tadi.
  4. Lobangi dan sobek alur tengah pada kabel diluar kaleng biscuit yang posisinya pas di atas tutup kalengnya untuk jalan pengganjal agar lampu yang didalam kaleng tidak jatuh kedasar kaleng.


penampakan sobekan kabel


posisi pengganjal kabel



Langkah ketiga :
  1. Siapkan minyak kelapa murni vco yang berwarna putih jernih minimal 500 ml atau ½ liter.
  2. Tuangkan ke dalam kaleng biscuit semuanya.
  3. Masukkan bahan black opal sempur yang sudah dikeringkan sebelumnya (jemur di terik matahari sampai benar- benar kadar air pada bahan tersebut hilang, kurang lebih penjemuran selama 2 hari berturut turut).
  4. Atur jarak bola lampu agar tidak menyentuh minyak dan batu tadi sesuai cara yang saya sudah katakana pada langkah ke dua tadi. 
  5. Tutup rapat kaleng dan pastikan setiap sambungan kabel sudah aman, tidak ada arus listrik yang bocor baru silahkan nyalakan lampunya.


posisi lampu mengambang di tengah kaleng

batu yang sudah direndam minyak





















Berikut ini saya sertakan video agar semakin mudah dimengerti oleh sahabat blogger.








  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKALAPAK WARUNG PERMATA